Rabu, 05 Oktober 2011

1.Kuliah

Saat saya berada di tingkat akhir masa pendidikan SMU, saya mulai berpikir mengenai jurusan kuliah yang akan saya tempuh di jenjang pendidikan tinggi. Saat itu begitu banyak pilihan yang saya miliki, antara lain jurusan komputer, jurusan bahasa, jurusan ekonomi, jurusan hubungan internasional, dan jurusan teknik industri.
Banyaknya pilihan sempat membuat saya bingung. Pilihan-pilihan tersebut muncul karena pada dasarnya saya memiliki ketertarikan pada bidang-bidang tersebut.Namun setelah memilah-milah dengan berdasarkan beberapa pertimbangan seperti minat terbesar saya dan juga prospek jurusan tersebut untuk memberikan pekerjaan dengan gaji yang lumayan, akhirnya saya memutuskan untuk memilih jurusan komputer.
Satu masalah terselesaikan, tetapi persoalan tidak beres sampai disitu, ada satu masalah berikutnya yang datang menghampiri. Persoalan tersebut adalah menentukan universitas atau kampus yang akan saya gunakan untuk menempuh pendidikan di jurusan yang sudah saya tentukan tersebut.Dari informasi seorang temen yang termasuk salah satu dosen tempat saya akan melanjutkan pendidikan,akhirnya saya masuk kuliah dikampus STMIK Budidarma Medan dengan jurusan Managemen Informatika Komputet.
Namun setelah selama beberapa saat menjalani kuliah, secara perlahan saya mulai memahami manfaat lain mengapa saya harus kuliah. Beberapa manfaat yang saya temukan adalah, saya harus berkuliah untuk menambah ilmu dan pengetahuan yang sudah saya peroleh sampai jenjang pendidikan menengah, dengan berkuliah saya dapat memperoleh beberapa teman dan kenalan baru yang nantinya akan berguna sebagai jejaring saat saya mulai berkarier, dengan berkuliah pandangan atau wawasan saya mengenai dunia luar semakin terbuka sehingga saya mampu menemukan hal-hal baru yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Itulah beberapa manfaat yang saya rasakan selama kuliah.
Selain manfaat-manfaat yang sudah saya sebutkan diatas, ada satu lagi manfaat yang tidak kalah pentingnya dan boleh saya katakan paling penting bagi saya selama saya berkuliah. Saya menjadi mengetahui mengenai pengembangan diri, kepemimpinan,dan manajemen,
Dan dari pengalaman saya pribadi selama berada di bangku kuliah, akhirnya saya berani mengatakan bahwa kuliah itu perlu. Kuliah dapat membuka wawasan kita dengan lebih luas yang mungkin tidak akan dapat kita lakukan jika kita tidak berkuliah,sebab pendidikan tetaplah penting bagi siapapun. Pendidikan adalah aset yang sangat berharga untuk masa depan setiap kita. Sedapat mungkin setiap kita harus berkuliah, kecuali ada beberapa hal yang menyebabkan kita memutuskan untuk tidak berkuliah, yang salah satunya adalah visi yang berbeda mengenai masa depannya sendiri. Kuliah itu penting !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar