Rabu, 05 Oktober 2011

4.Tarbiyah

Dalam kehidupan pribadi khususnya aktivitas pengajian/ pendidikan (tarbiyah) menududki posisi yang sangat penting bagi saya. Sebab melalui proses pendidikan tarbiyah seorang dapat tumbuh dan berkembang secara baik, sesuai yang diharapkan,karena Tarbiyah dapat membentuk kepribadian seseorang selaras dengan nilai-nilai dan prinsip yang mendasarinya sehingga menjadi kepribadian yang sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai dan prinsip Islam.

Seseorang yang telah dididik dengan pola pendidikan agama, sikap dan perilakunya akan merupakan refleksi total dari keutuhan dirinya yang telah tersibghah nilai-nilai Islam. Sehingga integritas Islamnya kukuh dan gaya hidupnya menjadi Islami. Tidak akan terjadi split personality (kepribadian pecah) yang mengakibatkan seorang muslim kehilangan kepribadiannya dan terseret ke dalam arus gaya hidup yang lain.

Pendidikan Islam mengarahkan kita memiliki kehidupan seorang muslim berkembang dan terus semakin matang. Sikap, perilaku, dan gaya hidupnya bersifat spesifik islami yang berinteraksi secara posiif, baik internal maupun eksternal. Sehingga dapat memancarkan arus Islam di tengah-tengah lingkungannya,menjadi manusia yang tangguh yang tidak mudah diombang-ambingkan oleh berbagai arus kehidupan yang melanda,sehingga kita dapat menjadi muslim yangmuttaqin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar